a

Thursday, November 17, 2011

sharing - sharing dengan para alumni. ( Kak Ganda angkatan 1999)






awalnya kami meminta kepada Bu Dina (dosen pengampuh Bimbingan dan Konseling Sekolah) untuk mengundang narasumber yang bisa memberi pengetahuan yang lebih mengenai Binkos (Bimbingan dan Konseling Sekolah) dan akhirnya permintaan kami terwujud.
Pada tanggal 15 November 2011 datanglah Kak Ganda (angkt 1999) untuk berbagi mengenai pengalaman kk tersebut di dunia Bimbingan dan Konseling. kk Ganda mengatakan kepada kami ada beberapa point penting yang dibahas kk Ganda mengenai Binkos. yaitu :
1. apa itu konseling sekolah ?
Konseling sekolah adalah pertemuan antara konselor dengan konseli dimana konselor membantu konseli untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapinya sehiingga konseli mampu untuk memecahkan/menyelesaikan masalah sendiri. 
tetapi banyak disekolah seklah kita lebih mengenal dengan istilah BP/polisi sekolah dimana lebih banyak mengatasi para siswa yang bermasalah saja.

2. siapa saja yang berperan sebagai Pembimbing Sekolah
kk Ganda mengatakan siapa saja bisa menjadi pembimbing di sekolah, asalkan telah/ sudah pernah mengikuti pelatihan mengenai bimbingan. tetapi bila permasalahan yang dihadapi memerlukan treatmen maka harus seorang Psikolog yang menanganinya. Dan juga yang dapat memberikan pencerahan bagi para siswa adalah seorang konselor, bukan BP. 

3. peluang kerjanya gimana?
sangat jelas, konselor di sekolah pastilah sangat dibutuhkan di sekolah.. karena mengingat akan filosopi yang mengatakan dimana ada manusia disitulah ada Psikologi . sehingga konselor sekolah diharapkan menjadi panutan  dan menjadi pendengar yang baik bagi para siswa untuk menjadikan  hidup lebih baik.

4. hambatan seorang konselor sekolah
 ada beberapa hambatan dalam menciptakan konseling disekolah :
- terkdang pihak sekolah sering menyepelekan proses  konseling.
- sekolah juga menganggap mereka tidak mampu membayar  seorang konselor.
- dan juga sekolah berfikiran bila kita memanggil orang tua ke sekolah, maka masalah juga akan selesai.

mungkin itu beberapa point penting yang saya tangkap saat kk ganda datang memberikan pengalamannya. dan semoga itu bermanfaat bagi kami untuk kedepannya. :D

No comments:

Post a Comment